TOKO NASA KENDAL

TOKO NASA KENDAL
DISTRIBUTOR NASA KENDAL MENYEDIAKAN PRODUK UNTUK PERTANIAN ORGANIK VITAMIN TERNAK HERBAL KESEHATAN & PERAWATAN TUBUH, PHONE 089509828156 BBM D9EA072C

TIPS BUDIDAYA KOPI

TIPS DAN CARA BUDIDAYA KOPI 
www.nasakendal.com



PENDAHULUAN:
          Tanaman Kopi merupakan tanaman yang sangat familiar di kalangan penduduk Indonesia, Jika potensi dahsyat ini bisa kita manfaatkan tidaklah sulit untuk menjadikan komoditi ini menjadi adalan disektor perkebunan. Hanya butuh sedikit sentuhan teknis budidaya yang tepat, niscaya harapan kita menjadi kenyataan.
          PT. NATURAL NUSANTARA berusaha mewujudkan harapan bersama tersebut dengan paket panduan teknis dan produk tanpa melupakan ASPEK K-3 yaitu Kuantitas, Kualitas, dan kelestarian yang kini menjadi salah satu syarat persaingan di era globalisasi.

PERSIAPAN LAHAN

  1. Untuk tanah pegunungan/miring di buat teras
  2. Kurangi atau tambah pohon pelindung yang cepat tumbuh kira-kira 1:4 hingga 1:8 dari jumlah tanaman kopi.
  3. Siapkan pupuk kandang matang sebanyak 25-50kg, sebarkan 1 pak NATURAL GLIO, diamkan satu minggu dan buat lobang tanam 60x60, atau 75x75cm, dengan jarak tanam 2,5x2,5 hingga 2,75x2,75m minimal 2bulan sebelum tanam.
PEMBIBITAN
  1. Siapkan biji yang berkualitas dari pohon yang telah diketahui produksinya biasanya dari penangkar benih terpercaya.
  2. Buat kotak atau bumbunan tanah untuk persemaian dengan tebal lapisan pasir sekitas 5cm
  3. Buat pelindung dengan pelapah atau paranet dengan pengurangan bertahap jika bibit telah tumbuh.
  4. Siram bibit dengan rutin dengan melihat kebasahan tanah.
  5. Bibit akan berkecambah kurang lebih 1 bulan, pilih bibit yang sehat dan lakukan pemindahan ke polibag dengan hati-hati agar akar tidak putus pada umur bibit 2-3 bulan sejak awal pembibitan.
  6. Tambahkan pupuk NPK sebagai pupuk dasar hingga umur 12 bulan.
  7. Encerkan satu botol (500gr) SUPERNASA dalam 5ltr air. kemudian siramkan pada masing-masing bibit
  8. Setelah bibit umur 4bulan semprotkan 2 tutup POC NASA per tangki sebulan sekali hingga umur bibit 7-9 bulan. dan siap tanam.
CATATAN: Jenis dan dosis pupuk bisa sesuai dengan anjuran dinas pertanian setempat. Perhatikan kelembaban tanah agar bibit tidak terkena serangan karat daun.

PENANAMAN

  • Masukan pupuk kandang dengan campuran tanah bagian atas saat penanaman bibit.
  • Usahakan saat tanam sudah memasuki musim hujan
  • Lakukan penyiraman tanah setelah tanam.
  • Hindarkan resiko kematian tanaman baru dari gangguan ternak.


PENYULAMAN 
          Lakukan penyulaman segera jika tanaman mati atau gejala pertumbuhannya tidak normal, Dan penyulaman dilakukan pada awal musim hujan.

PEMANGKASAN
          Lakukan pemangkasan rutin setelah berakhirnya masa panen untuk mengatur bentuk pertumbuhan, mengurangi cabang tunas air, mengurangi penguapan dan bertujuan agar terbentuk bunga, serta perbaikan pada bagian tanaman yang rusak. Pemangkasan pada awal atau akhir musim hujan setelah pemupukan.

PANEN
          Kopi akan mulai berproduksi mulai umur 2,5 tahun jika dirawat dengan baik dan buah telah menunjukan warna merah yang meliputi sebagian besar tanaman, dan dilakukan bertahap sesuai dengan masa kemasakan buah.

PENGOLAHAN HASIL
          Agar di persiapkan terlebih dahulu tempat penjemuran, pengupasan kulit dan juga penyimpanan hasil panen agar tidak rusak akibat hama pasca panen. Buah panenan harus segera di proses maksimal 20 jam setelah petik, untuk mendapatkan hasil yang baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS BUDIDAYA KOPI"

Posting Komentar